Selasa, 15 Februari 2011

JANUARI MERENUNG II

cobaan ke-dua yang saya alami adalah ketika saya harus kehilangan 'simbah' akhir tahun 2010 lalu.
singkat cerita....
malam itu firasat saya benar-benar sudah ga karuan. dag dig dug ketika ayah saya di jemput ke rumah simbah, perasaan akan keadaan simbah yang kemungkinan besar memburuk memang benar-benar terbukti.
jam 22.30 ayah saya pulang, awalnya beliau keliatan benar-benar seakan tidak terjadi apa-apa, tapi beberapa saat setelah itu beliau ngomong kalo 'bapak udah ga ada' (alm. kakek adalah ayah kandung dari bapak).
rasa kehilangan, pengen nangis benar-benar sudah tidak bisa di tahan, terlebih ketika saya di suruh nulis pengumuman kematian simbah yang akan di bagikan ke mushola masjid sekitar.
perasaan malam itu bener-bener ga karuan...

diantara saya dan semua adek saya, bisa dibilang saya yang paling merasa kehilangan. maklum, saya yang paling lama menjalani semuanya dengan beliau. hanya saya yang bisa menikamti hasil jeri payah belau dulu ketika beliau di jakarta.
terlebih rasa kehilangan itu sangat terasa ketika 2 bulan sebelum beliau meninggal, saya sempat datang ke rumah beliau dan ngobrol 'ngalor-ngidul' berdua di kamar beliau.
banyak hal yang kita obrolin, mulai dari kesehatan simbah yang semakin menurun, penyakit yang di derita simbah, kerjaan bapak, juga kuliah saya.
hanya bisa nangis ketika saya inget semua kenangan itu.

tangis yang paling membuat saya kehilangan adalah ketika kami sekeluarga berkumpul di ruang depan, di depan jenazah simbah, mendoakan beliau, agar bisa di temaptkan di tempat terbaik di sisi-Nya.
ketika itu adalah kali terakhir saya dan keluarga melihat simbah...

namun, rasa aneh tapi senang terasa ketika budhe saya datang untuk menjenguk keadaan simbah. karena malam sebelum budhe saya datang, budhe mimpi, dan di mimpi budhe, simbah dateng dan tanya pada budhe, napa budhe tidak pernah main ke rumah simbah?
dalam mimpi itu budhe hanya menjawab kalo besok budhe bakalan dateng, bakalan maen kerumah simbah. tapi budhe kaget ketika budhe dateng kerumah simbah, dan tahu kalo simbah sudah meninggal.
yang jelas ada alasan tersendiri mengapa budhe tidak di beri kabar tentang kematian simbah.
namun yang jelas, dari mimpi budhe itu, seakan simbah ingin memberitahukan sendiri kabar kematiannya, karena ketika pemakaman, budhe memang tidak datang kerumah simbah.
wallahua'lam...

dan sekarang beliau sudah tenang di alam sana, saya yakin ini adalah keputusan terbaik-Nya untuk mengambil kembali simbah. semoga simbah tenang di sana, tanpa ada beban sedikitpun.
ingin sekali rasanya bisa ketemu simbah, walau itu hanya dalam mimpi....

i miss you....

Tidak ada komentar: